AFC Kasih Jawaban Cerdas Soal Tudingan STY Sistem Head to Head Nggak Dipakai Lagi

Olahraga294 Views

Jakarta  – Ketua Komite Kompetisi AFC Tran Quoc Tuan membantah tuduhan Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong jika aturan head to head yang digunakan di Piala AFF U-19 sudah usang dan ketinggalan zaman. Menurut Tran Quoc Tuan cara menghitung selisih head-to-head ketika ada lebih dari 2 tim dengan poin sama telah diterapkan di banyak turnamen besar di dunia.

“Para ahli dan penyelenggara turnamen telah mempelajari, menganalisis hati-hati sebelum menerapkan metode ini. Lagian, cara menghitung selisih head-to-head ketika ada lebih dari 2 tim dengan poin yang sama telah diterapkan di banyak turnamen besar di dunia” kata Tran Quoc Tuan dikutip media Vietnam thethao247-vn.

Menurut Tran Quoc Tuan yang juga menjadi pejabat sementara ketua federasi sepak bola Vietnam menjelaskan, tidak ada yang salah dengan format kompetisi di Piala AFF U-19. Justru sistem tersebut memungkinkan terjadinya persaingan yang nyata dari masing masing konstestan di setiap pertandingan yang dijalani.

Dijelaskan, dalam sebuah grup, selalu ada tim kuat dan tim lemah. Di awal turnamen, tim yang lemah sering berusaha keras memberikan perlawanan sehingga memberikan kesulitan kepada tim tim kuat mendapatkan kemenangan di laga perdana. Namun di akhir turnamen, ketika tersingkir, tim yang lemah mulai terlihat mudah menyerah.

Mereka juga terlihat tidak lagi kompetitif karena fisik yang terkuras, sehingga tak jarang ada penalti yang semakin membuat tim lemah frustasi. Pada kondisi tersebut, laga sering memiliki banyak gol, yang mengarah pada ketidakadilan ketika tim sama dalam poin.

Dengan format head to head, tim yang kuat perlu menyerang untuk mencoba mencetak gol saat mereka (sesama tim kuat) bertemu, tujuannya memperoleh keuntungan dalam perhitungan head to head. Tran Quoc Tuan juga heran kenapa Indonesia sebagai negara tuan rumah mengeluhkan aturan head to head.

“Mereka menyetujui aturan beberapa bulan yang lalu, jadi tidak ada alasan mengeluh. Vietnam juga belum menerima permintaan klarifikasi dari AFF terkait keluhan yang disampaikan PSSI di laga melawan Thailand,” tambah Tran Quoc Tuan.

Kredit Foto : ( Istimewa )
Tran Quoc Tuan – Ketua Kompetisi AFC