Berikut alasan kenapa harus pakai helm SNI selama mudik lebaran

Nasional390 Views

Jakarta. Selama mudik lebaran tahun ini akan banyak pengendara sepeda motor yang melintas di sepanjang jalam. Sebelum berangkat perjalanan pastinya terdapat pertimbangan akan menggunakan helm yang tepat sebelum berangkat mudik, Minggu, 16 April 2023.

Dikutip Astra Honda. Berikut standarisasi helm seperti, SNI, DOT, ECE, SNELL adalah beberapa standarisasi helm yang ada di dunia, helm-helm yang sudah di standarisasi tentu saja sudah melewati beberapa tahap pengujian, seperti uji kekuatan menahan benturan, gesekan dan lainnya. Salah satu pengujiannya seperti gambar berikut:

Helm – helm yang sudah di standarisasi SNI, DOT, ECE dan Snell tentu saja tidak hanya mengedepankan keamanan namun juga kenyamanan, sehingga pengendara akan merasa nyaman menggunakan helm tersebut.

Berikut kelebihan dari menggunakan helm yang sudah memenuhi standar dalam penggunaannya :

1. Air flow yang membuat sirkulasi udara di dalam helm lebih baik,
2. Busa yang nyaman bisa mencegah terjadinya iritasi pada kulit wajah.
3. Berat helm yang sudah disesuaikan sehingga tidak menyebabkan rasa tidak nyaman pada leher atau kepala.

Seperti yang dilansir Korlantas Polri, dalam penggunaan helm standarisasi tertuang dalam pasal 57 ayat 2 UU No.22 Tahun 2009, bahwa pengendara sepeda motor harus menggunakan helm berstandar nasional Indonesia demi keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

Mari pastikan sobat yang berkendara menggunakan sepeda motor menggunakan Helm dengan standar SNI demi kenyamanan sobat selama melakukan perjalanan mudik lebaran tahun ini.