Gunakan Adat Mopotilolo, Kapolda Gorontalo Turut Hadiri Penyambutan Danrem 133/NW

Nasional205 Views

REDAKSIPUBLIK.COM – Kapolda Gorontalo Irjen Pol Pudji Prasetijanto Hadi M.H turut menghadiri penyambutan adat Mopotilolo terhadap Danrem 133/NW Brigjen TNI Hari Pahlawantoro S.,Sos bersama istri yang bertempat di aula Korem Nani Wartabone.

Melalui acara adat tersebut tak lain adalah sebagai tanda di terimanya tamu atau pejabat saat menjalankan tugas di Provinsi Gorontalo.

Terkait hal tersebut, Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol Desmond Harjendro A.P, SIK, MT mengatakan penyambutan secara adat Mopotilolo sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat di Provinsi Gorontalo ketika akan menerima kunjungan tamu kehormatan atau pemimpin Daerah.

” Penyambutan di awali dengan prosesi Mopotilolo sebelum melaksanakan kegiatan di Gorontalo di karenakan adat ini adalah tanda memperoleh restu dari masyarakat Gorontalo serta akan menjalani tugasnya,” katanya.

Ia juga menjelaskan bahwasanya penyambutan adat Mopotilolo diiringi tabuhan genderang adat dan tarian Longgo atau tarian perang Gorontalo.

” Setelah itu Prosesi adat Mopotilolo dilanjutkan dengan pengucapan petuah adat. dan di akhiri dengan pembacaan doa untuk memohon keselamatan dan kesehatan kepada Danrem bersama Istri serta keluarga selama berada di Gorontalo,” imbuhnya.

Terlebih dengan adanya kegiatan ini juga dapat membentuk sinergi antara instansi sehingga saling mendukung pada pelaksanaan tugas dalam menjaga harkamtibmas di Provinsi Gorontalo.