Kapolda Gorontalo Disambut adat Mopotilolo

Gorontalo – Kapolda bersama istri dan anak, disambut dengan adat Mopotilolo di VIP Bandara Djalaludin Gorontalo, Senin (3/4).

Mopotilolo merupakan salah satu acara adat menyambut setiap pejabat tinggi yang baru pertama kali datang di Bumi Serambi Madinah.

Mopotilolo diartikan pejabat tersebut memperoleh restu dari masyarakat dan bebas bertugas di Gorontalo.

Penyambutan dilaksanakan oleh para pemangku adat U Duluwo Limo Lo Pohalaa (Dewan Adat Dari Lima Negeri Adat Gorontalo).

Upacara adat Mopotilolo dimulai dengan pengucapan petuah adat dan diakhiri dengan doa untuk memohon keselamatan dan kesehatan untuk Kapolda Gorontalo selama bertugas di Gorontalo.

Kedatangan Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Drs. Angesta Romano Yoyol, juga disambut langsung oleh Wakapolda Gorontalo, Danrem 133/NWB, Kabinda Provinsi Gorontalo, Forkopimda, dan Pejabat Utama Polda Gorontalo.

Seperti diketahui, Irjen Pol. Drs. Angesta Romano Yoyol yang lahir 21 Februari 1966 ini mengawali karirnya di kepolisian tahun 1989 dan punya banyak pengalaman di bidang reserse.

Pemilik gelar Datuak Gindo Sati yang juga salah satu pemimpin kaum Suku Koto Nan Baranam Kanagarian Gunuang ini, menempuh pendidikan Akpol 1989, dilanjutkan dengan PTIK, SESPIM, dan LEMHANNAS 2014.

Sebelum menduduki jabatan Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri tahun 2020 dan Kapolda Gorontalo tahun 2023,

Irjen Pol. Drs. Angesta Romano Yoyol pernah menduduki jabatan Kasat Serse Polres Metro Jakpus (2002— 2004), Kapolres KP3 Tanjung Priok, Wakapolres Metro Jakpus (2008), Kaden 88/Antiteror

Polda Metro Jaya, Kapolres Metro Jakarta Pusat (2011), Analis Kebijakan Madya Bidang Pidum Bareskrim Polri (2014), Kapolrestabes Bandung (2014), Kabagjianling Rojianstra Sops Polri (2016),

Wakapolda Lampung (2017), dan Karo RBP Srena Polri (2018). ‘Selamat Datang Kapolda Gorontalo, Selamat Bertugas di Bumi Serambi Madinah.