Kapolri Bersama Panglima TNI Tinjau Langsung Kesiapan Pengamanan Mudik

Nasional170 Views

REDAKSIPUBLIK.COM – Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., bersama Panglima TNI Jenderal TNI H. Agus Subiyanto, S.E., M.Si., dan Menteri Perhubungan Dr. Ir. Budi Karya Sumadi meninjau Terminal Purabaya Sidoarjo Jawa Timur.

Kapolri menyebut Jawa Timur merupakan salah satu tujuan utama pemudik serta tahun 2023 angka kecelakaan lalu lintas terbilang tinggi.

“Wilayah Jawa Timur menjadi salah satu tujuan utama mudik di mana kita pesankan karena memang dari hasil evaluasi tahun 2023 angka lakanya agak lebih tinggi dibandingkan wilayah lain, sehingga tadi kita ingatkan untuk betul-betul menjaga keselamatan para pemudik, baik yang menggunakan kendaraan pribadi, yang menggunakan kendaraan angkutan,” kata Kapolri di lokasi, Kamis (4/4/2024).

Selain itu, Kapolri juga meminta pengendara untuk berhenti di rest area jika dalam keadaan lelah. Hal itu, kata dia, untuk menghindari kecelakaan lalu lintas.

“Utamanya memastikan di daerah-daerah sering terjadi rawan kecelakaan itu diberikan sosialisasi, perhatian rest area sehingga kemudian masyarakat yang capek bisa istirahat terlebih dahulu, ataupun jangan buru-buru cepat sampai menambah kecepatan dan akhirnya malah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Kapolri juga meminta agar para sopir bus mudik dicek kesehatan sebelum berangkat. Dia ingin para sopir bus membawa mobil dalam keadaan prima.

“Tadi kita pesan tolong betul-betul dilakukan pengecekan terhadap para pengemudi untuk memastikan bahwa pada saat membawa penumpang pengemudinya dalam keadaan sehat, keadaan prima dan tidak ada masalah-masalah yang bisa terdampak terhadap pada saat yang bersangkutan mengemudikan kendaraannya,” katanya.