Peringati Hari Pancasila, Polda Gorontalo Laksanakan Upacara

Nasional224 Views

REDAKSIPUBLIK.COM

Wakapolda Brigjen Pol Simson Zet Ringu SIK., MSi., memimpin upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni di Lapangan Upacara Polda Gorontalo. Sabtu, (01/06/2024). Dalam pelaksanaan upacara tersebut turut dihadiri Pejabat Utama, anggota Polda Gorontalo dan PNS Polri.

Diketahui Peringatan Hari Pancasila pada Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas” yang artinya Pancasila dapat menyatukan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 Tahun Indonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Wakapolda Gorontalo Brigjen Pol Simson dalam sambutannya mengungkapkan bahwa keberadaan Pancasila merupakan anugrah dari Tuhan YME untuk bangsa Indonesia dan didalamnya terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong serta keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional yakni Bhineka Tunggal Ika.

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Indonesia. Kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia,”ungkapnya

Lebih lanjut Wakapolda mengatakan, sebagai rakyat Indonesia kita harus patut bersyukur dan bangga bahwa bangsa Indonesia telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa dalam berdemokrasi, berbangsa dan bernegara.

“Kita Harus bersyukur dan bangga telah Melawati pemilihan umum yang demokratis secara aman dan damai demi tegaknya kedaulatan rakyat serta persatuan dan kesatuan bangsa,”lanjutnya

Sebelum mengakhiri sambutannya, Brigjen Pol Simson mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui Peringatan Hari Lahir Pancasila.

“Kita harus bekerjasama menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai Pancasila. Semoga upacara peringatan Pancasila ini dapat memompa semangat kita untuk terus mengamalkan Pancasila demi indonesia maju, adil, makmur dan berwibawa dikancah dunia,” tutupnya