Polri Gelar Rapat Bahas Penyelengaraan Mudik Lebaran

Nasional171 Views

REDAKSIPUBLIK.COM – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menggelar rapat koordinasi (rakor) lintas kementerian dan lembaga membahas terkait kesiapan penyelenggaraan mudik-balik Lebaran dan Operasi Ketupat 2024 di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (25/3/2024).

Rakor dihadiri langsung Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo. Dihadiri pula oleh Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR), Kementerian Agama, Kementerian Perdagangan, Panglima TNI, Pertamina, Basarnas, BNPB dan beberapa lembaga lain.

Rakor dijadwalkan berlangsung pukul 09.00 WIB. Setelah dilaksanakan rakor lintas kementerian dilanjutkan dengan rapat internal Polri terkait kesiapan Operasi Ketupat 2024 yang dipimpin oleh Assop Kapolri.

Polri mengantisipasi berbagai hal untuk kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2024 yang diprediksi ada 193,6 juta orang yang melakukan perjalanan.

Berbagai kesiapan yang dilakukan Polri, diantaranya menyiapkan rekayasa lalu lintas. Seperti contraflow, sistem satu arah (one way) dan penerapan ganjil-genap sebagai alternatif terakhir .

Polri juga menyelenggarakan program mudik gratis untuk mengurangi pemudik sepeda motor dengan menyediakan 400 bus dengan kapasitas 20 ribu penumpang.