Wakapolda Simson Hadiri Penyambutan Pejabat Gubernur Baru

Nasional154 Views

REDAKSIPUBLIK.COM – Wakil Kepala Kepolisian Daerah Gorontalo Brigjen Pol Simson Zet Ringu, S.I.K., M. Si turut menghadiri acara penyambutan upacara adat Mopotilolo terhadap Pejabat PJ Gubernur yang baru Dr.Ir. Mohammad Rudy Salahuddin, MEM.

Upacara ini dilaksanakan dengan penuh khidmat dan menunjukkan kekayaan budaya serta tradisi masyarakat Gorontalo yang bertempat di Bandara Lama Djalaludin Gorontalo, Sabtu 18/05/2024.

Mopotilolo adalah salah satu upacara adat yang penting di Gorontalo. Upacara ini biasanya diadakan untuk menyambut tamu kehormatan atau pejabat tinggi yang datang ke wilayah tersebut. Tradisi ini melibatkan berbagai ritual dan simbol yang mencerminkan penghormatan dan penghargaan masyarakat terhadap tamu yang datang atau pertama kali berkunjung.

Di terangkan oleh Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol Desmont Harjendro AP., SIK., MT dalam upacara Mopotilolo, tamu kehormatan akan disambut dengan berbagai tarian tradisional, musik khas Gorontalo, dan penyajian makanan tradisional dan seluruh prosesi ini tidak hanya sebagai simbol penghormatan, tetapi juga sebagai bentuk doa agar tamu yang datang mendapatkan berkah dan keselamatan selama berada di Gorontalo.

” Dalam kegiatan tersebut juga di hadiri oleh Wakapolda Gorontalo dan tentunya memberikan kesan mendalam. Hal ini menunjukkan sinergi yang baik antara kepolisian dan pemerintah daerah untuk menjaga atau melestarikan kebudayaan lokal,” ujarnya.

Tak hanya itu kehadiran Jendral Bintang Satu dalam kegiatan tersebut merupakan bentuk dukungan dan penghormatan kepada PJ Gubernur yang baru, serta sebagai simbol komitmen kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Gorontalo.

Terlihat juga PJ Gubernur yang baru disambut dengan hangat oleh pemerintah dan masyarakat Gorontalo melalui upacara Mopotilolo ini.

” Penyambutan ini tidak hanya menjadi momen penting bagi PJ Gubernur, tetapi juga menjadi ajang untuk mempererat tali silaturahmi antara pemerintah, kepolisian, dan masyarakat. Dengan berlangsungnya upacara ini, diharapkan kebersamaan dan kerja sama yang baik dapat terus terjalin demi kemajuan dan kesejahteraan Gorontalo,” tuturnya.

Terlebih lagi Tradisi seperti Mopotilolo memiliki nilai-nilai luhur yang penting untuk dilestarikan. Upacara adat ini tidak hanya sekadar seremoni, tetapi juga merupakan bagian dari identitas dan jati diri masyarakat Gorontalo. Melalui upacara ini, generasi muda diajarkan untuk menghargai dan melestarikan warisan budaya nenek moyang mereka.